Advertise Here
Promo Desember - Diskon 30%

Gempa Berkekuatan 4,4 SR Mulai Dirasakan Warga Sumatra Barat

BRITHA.COM, Padang - Gempa berkuatan 4,4 skala richter (SR) menggetarkan Sumatra Barat, Selasa (2/12) pagi. Gempa tidak menyebabkan kerusakan dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandara Internasional Minangkabau (BMKG BIM), Budi Samiaji, mengatakan, lokasi gempa berada pada 1.68 Lintang Selatan dan 100.35 Bujur Timur atau 58 kilometer Barat Daya Kabupaten Pesisir Selatan. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer dari permukaan laut.

Gempa terasa di sejumlah kabupaten kota yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, dan Kota Padang Panjang, sekitar pukul 06.54 WIB. Hal itu pun diamini Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pesisir Selatan, Doni Gusrial. Dia berujar, gempa memang dirasakan warga Pesisir Selatan.

"Belum ada laporan dampak gempa seperti kerusakan atau korban jiwa," kata Doni kepada Media Indonesia, hari ini.

Pengamat gempa Ade Edward mengatakan, gempa terjadi akibat pergeseran zona Lempeng Sumatra. Ia juga meyakinkan, episentrum gempa bukan di ring megathrust Mentawai, hal yang paling ditakutkan saat ini.

"Ndak perlu dikhawatirkan," tukas Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatra Barat ini.
Source : MetroTV

0 komentar: